Selasa, 10 Desember 2013

Kategori / Jenis Motor Trail di Dunia Adventure





  Salam Satu Lumpur dari kami Komunitas JTA...

Nah mungkin para sobat offroader sudah tidak asing lagi donk dengan tunggangan alias istri kedua dari kehidupan sebagai Offroader...hehehehehe kali ini saya ingin sekedar berbagi informasi sebenarnya motor trail itu banyak sekali ragam dan kegunaannya... Karena dunia motor apalagi trail berkembang cukup pesat dari tahun ke tahun...kali ini akan saya sharing kelas / kategori dari motor trail mungkin dari yang paling spesial sampai trail odong2 yang sekarang menjamur di sekitar kita....OK langsung monggo disimak bareng2...



1. Motor Trail - Special Race ( SE )




Motor trail jenis ini diproduksi untuk kebutuhan kompetisi balap motorcross, pabrikan mengeluarkan aneka macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250 cc. Pabrikan motor juga mengeluarkan motor trail nonrace guna menunjang mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan.
Motor trail jenis ini diproduksi untuk kebutuhan kompetisi balap motor
cross, pabrikan mengeluarkan aneka macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250
cc. Pabrikan motor juga mengeluarkan motor trail nonrace guna menunjang
mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan. - See more at: http://comunitiy.blogspot.com/2012/10/jenis-jenis-motor-trail-dan-rincian.html#sthash.n1IpUvaR.dpuf

2. Motor Trail - Super Moto



Supermoto adalah motor hasil mixing dari motor trail dengan motor sport road race. Bodinya dan suspensi masih mengadopsi motor trail dengan namun untuk roda-rodanya menggunakan ban halus layaknya ban untuk road race. Supermoto merupakan cabang balapan motor cross yang memadukan medan lintasan jalan aspal dan medan off road beserta lintasan jumping-nya.

3. Motor Trail - Mini Trail


Mini trail merupakan jenis motor trail yang dipakai untuk anak-anak. Bodi motor trail jenis ini lebih kecil, kapasitas mesin pun tak besar hanya 50 cc maksimal 100 cc saja. Ground clereance dengan tanah pun
dibuat rendah. Fungsi mini trail adalah sebagai media melatih anak-anak mengenal olahraga motor sedini mungkin.

4. Motor Trail - Enduro



Motor trail jenis enduro adventure dipakai untuk kegiatan touring yang menempuh medan ekstrem, dan perjalanan panjang. Spesifikasi motor endure antara lain kapasitas mesin lebih besar dari SE, suspensi lebih besar dan keras, karakter alur gerigi pada kedua roda lebih kecil. Mungkin dari keseluruhan kategori ini motor jenis inilah yang paling banyak digunakan untuk Adventure bagi para penggemar olahraga trail...di Indonesia sendiri terutama ketika ada event Adventure akan banyak sekali ditemukan motor trail jenis enduro dari beberapa pabrikan ternama seperti KTM, Husaberg, Husqvarna, Honda, Yamaha, dll.

5. Motor Trail - ATV



Kapasitas mesin lebih besar kisaran 150 – 400 cc. ATV memiliki empat roda dengan suspensi independen di keempat titik. Setang kendali berupa raise bar seperti setang motor trail.Kapasitas tangki mampu menampung 20 liter bensin. ATV mampu berlari di segala medan, empat ban bergerigi menjadikan ATV
nyaman berjalan di tanah dan lumpur.

6. Motor Trail - Odong2 / KYT ( Kayak Trail ) :p



Nah untuk kategori yang terakhir ini mungkin hanya bisa kita temukan di Indonesia sobat...karena secara sadar atau tidak kategori ini diciptakan oleh tangan - tangan kreatif dari montir Indonesia yang bisa merubah jenis motor bebek 2 / 4 - tak, atau jenis motor standard lain yang notabene tidak untuk offroad bisa dijadikan motor trail yang handal..hehehehehe Motor jenis ini banyak dijumpai pada daerah pedesaan atau kampung yang mempunyai komunitas trail didalamnya, khususnya Komunitas JTA yang banyak banget anggotanya yang menggunakan motor jenis ini.

Ada pepatah bilang "dimana ada kemauan disitu ada jalan" mungkin kami tidak bisa mewujudkan membeli motor jenis enduro yang asli buat adventure..tapi jika anda bertanya track mana yang sudah bisa ditembus walaupun ekstrem didaerah Malang - Jawa Timur kami bisa sedikit berbangga dan menunjukkan bahwa tekad dan semangat kami tidak kalah dengan offorader lain yang menggunakan motor jenis Enduro asli, Odong - odong kami sudah melanglang buana mengikuti berbagai event adventure didaerah - daerah Malang dan sekitarnya, untuk Indonesia itu impian kami selanjutnya...doakan saja!!


Ok..mungkin itu sedikit ulasan atau informasi tentang jenis / kategori motor trail yang bisa saya bagikan, bagian terakhir mungkin jadi agak panjang karena sedikit curhat tentang komunitas kami....hehehehehe tapi bagaimanapun tipe motornya asalkan dipakai dan dipergunakan untuk hobby atau kesenangan yag bersifat positif pasti akan membawa kegembiraan dan semangat yang tak terbantahkan. Keep Dirt...Keep Adventure...Selamat menjelajah Rider..
Motor Trail - Special Race (SE)
Motor Trail - Special Race (SE)
Motor Trail - Special Race (SE)
Motor Trail - Special Race (SE)

1 komentar: